Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis blog ini

Minggu, 03 Juni 2012

Elemen dasar dan Prinsip Penyusunan Seni Rupa dan Desain Serta Teori Pendukungnya


Contoh pembangkit bentuk 3 D melalui batang sedotan

艺术与设计理论和支持者的基本要素和原则编制 
Подготовка основные элементы и принципы искусства и дизайна Теория и сторонников
कला और डिजाइन सिद्धांत और समर्थकों के बुनियादी तत्वों और सिद्धांतों की तैयारी
Oleh   Nasbahry Couto
24 Agustus 2012 (revisi Oktober 2020  untuk tidak salah tafsir)
Pendidikan seni rupa dan desain sekarang ini ada dalam posisi yang agak meragukan. Terutama jika arah  yang diajarkan kepada murid dalam kegiatan dasar-dasar seni rupa dan desain hanya untuk modus ekspresi dan estetika (modus Formalisme). Pada hal dasar-dasar pengetahuan ilmu seni rupa dan desain adalah basis dari industri negara maju. Untuk mengetahui lebih lanjut bisa ditelusuri dari buku (1) Design and Technology in the Primary School: Case Studies for Teachers atau buku Callaway,Gloria, Teaching Art and Design Primary Scholl , atau YvonneGaudelius, Peg Speirs,Contemporary issues in art education, Sebenarnya, ada bagian-bagian dari pembelajaran seni rupa yang logis dan menyadarkan anak-anak tentang lingkungan (benda, rumah, alam dsb) dan hal ini tidak selalu ada hubungannya dengan estetik  lihat  artikel ini Penekanan estetika di pelajaran nirmana pada seni dan desain itu sangat labil dan relatif. Misalnya dalam artikel " Nirmana 3d (Trimatra); Menjelajahi Dimensi Ketiga" entah dari mana muncul ilmu baru bahwa Prinsip prinsip Nirmana 3d itu adalah (1) Haptic (sentuhan), (2) Prinsip prinsip Nirmana 3d, (3) Form Follows Function, (4) Ergonomic / Ergonomis, (4) Proporsi, pada nirmana 3d dan refrensinya tentu saja Wucius Wong, walaupun Wucius Wong tidak ada menyatakan begitu. Jadi  ada kecendrungan mengarang karena malas membaca.Seni rupa dan desain memang bisa bertukar arah, hal ini bukan hanya tergantung niat pelaksana pendidikan, tetapi juga di dalam materi/substansi pengetahuannya bisa berbeda. Misalnya pengetahuan tentang prinsip estetika atau prinsp organisasi elemen seni (formalisme). 

Sering dilihat, yang lain mungkin juga penting